Klik Aja Buat Nyari Apapun

Banner

Silahkan Bergabung

Selasa, 08 Maret 2011

Ditemukan Jejak Cacing Raksasa

Para periset dari Spanyol dibuat terkejut karena mereka telah menemukan bukti keberadaan sejenis cacing raksasa, yang hidup 465 juta tahun yang lalu, berdiameter 15 centimeter dan panjangnya sampai satu meter. Jejak fosil cacing laut ini ditemukan di Cabaneros National Park di Spanyol tengah, di area yag dulunya adalah dasar lautan selama periode Lower Ordovician, kata Spanish National Research Council (CSIC).

Mahluk ini hidup di selaras mendatar dibawah dasar laut. Selaras ini dilapisi “sekresi berlendir untuk memperkeras dan mencegah mereka runtuh, dan dengan demikian memungkinkan keawetan mereka, “ kata paleontologist Juan Carlos Giuterrez Marco.

Mengapa cacing purba ini tumbuh edemikian besarnya? “Lebih dari 450 juta tahun yang lalu, tanah spanyol adalah bagian dari sebuah lempeng benua purba yang disebut Gondwana,” kata Guiterrez Marco “Pada saat itu semenanjung Iberian berada di dekat kutub selatan. Organisme yang hidup di dalam air yang sangat dingin memiliki metabolism yang memungkinkan mereka untuk tumbuh lebih besar, ini dikenal sebagai polar gigantisme,”

Sampai saat ini para periset dari Spanyol tersebut tetap melakukan penelitian dan berusaha melacak keberadaan cacing raksasa tersebut, dari hasil pengumpulan data dikomunitas masyarakat setempat ada dua orang saksi yang penah melihat keberadaan cacing raksasa tersebut. Para narasumber ini mengaku pernah melihat keberadaannya di daerah pegunungan. Ketika itu salah seorang dari mereka menyangka tubuh dari cacing raksasa itu adalah pohon yang tumbang, tapi begitu di dekati tubuh itu kenyal dan bergerak, langsung keduanya lari terbirit-birit.
Berdasarkan keterangan saksi tersebut saat ini para periset Spanyol juga mulai memikirkan bagaimana menangkap cacing tersebut hidup-hidup.


0 komentar:

Posting Komentar